Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DRILL AND PRACTICE PADA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS VII SMPN 1 SINDUE TOBATA
Nama: AINAL MARDIA
Tahun: 2025
Abstrak
Ainal Mardia, 2025 “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Drill and Practice Pada Operasi Hitung Bilangan Bulat kelas VII SMPN 1 Sindue Tobata”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Tadulako. Pembibing Bakri M. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Drill and Practice dalam model pembelajaran langsung. Penerapan model pembelajaran langsung mengikuti fase-fase: 1)menyampaikan tujuan dan mempersiapkan peserta didik, 2) mendemostrasikan pengetahuan atau keterampilan, 3) membimbing pelatihan, 4) mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik, 5) memberi kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak II siklus, dengan mengikuti tahapan yang sudah ditentukan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sindue Tobata dengan jumlah siswa 23 orang. Refleksi pada siklus I dimana untuk mengetahui kekurangan dalam pelaksanaan siklus I dan untuk memberi rekomendasi perbaikan di siklus II. Dari analisis, diketahui bahwa pembelajaran dilaksanakan sesuai RPP, namun pemahaman siswa masih rendah dan suasana kelas ribut karena siswa bermain. Untuk siklus selanjutnya, siswa perlu diarahkan agar pembelajaran lebih tenang. Selain itu, hasil tes menunjukkan 14 siswa mendapatkan nilai tuntas, sementara 9 siswa tidak, Karena kesalahan dalam mengerjakan soal bilangan positif dan negatif. Pada siklus II, guru harus memberikan bimbingan yang jelas kepada siswa dengan nilai rendah untuk meningkatkan hasil belajar. Refkeksi pada siklus II kemampuan peneliti sebagai guru meningkat, dengan skor aktivitas mengajar yang baik. Aktivitas siswa juga meningkat, dengan minat belajar yang lebih tinggi dan kemampuan bertanya yang lebih baik. Dari analisis akhir, sebagian besar siswa mencapai tujuan pembelajaran, dengan 19 dari 23 siswa tuntas dalam tes, yang berarti 87% keberhasilan, melebihi target yang ditetapkan. Kekurangan dari siklus I berhasil diperbaiki di siklus II. Hasil penelitian dari siklus I dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan metode Drill and Practice dalam model pembelajaran langsung, yaitu pada siklus I sebesar 60,8?n pada siklus II sebesar 87%. Oleh karena itu, metode pembelajaran Drill and Practice dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran operasi hitung bilangan bulat. Kata Kunci: Drill and Practice, operasi hitung bilangan bulat, hasil belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up