Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH EFIKASI DIRI DAN REGULASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS TADULAKO
Nama: NURUL AFIYAH
Tahun: 2025
Abstrak
Tujuan Penelitian ini adalah untuk melihat : (1) Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Mahasiswa, (2) Pengaruh Regulasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Mahasiswa, (3) Pengaruh Efikasi Diri dan Regulasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Mahasiswa. Penelitian ini dilaksanankan di Universitas Tadulako. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Matematika angkatan 2023 Universitas Tadulako yang berjumlah 130 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proportional Random Sampling dengan sampel yang diperoleh sebanyak 98 mahasiswa. Pengumpulan data diperoleh melalui angket efikasi diri, angket regulasi diri, dan nilai IPK semester 1 dan 2 pada mata kuliah matematika. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji analisis regresi linier sederhana dan ganda, uji F dan uji koefisien determinasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal, masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat bersifat linier, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan tidak terdapat gejala autokorelasi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5% (1) nilai p-value (<0,001) < (0,05) maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan efikasi diri terhadap prestasi belajar matematika mahasiswa pendidikan matematika angkatan 2023 Universitas Tadulako sebesar 15,5% (2) nilai p-value (<0,001) < (0,05) maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan regulasi diri terhadap prestasi belajar matematika mahasiswa pendidikan matematika angkatan 2023 Universitas Tadulako sebesar 13,1% (3) nilai p-value (<0,001) < (0,05) maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan efikasi diri dan regulasi diri terhadap prestasi belajar matematika mahasiswa pendidikan matematika angkatan 2023 Universitas Tadulako sebesar 16,7%. Kata Kunci : Efikasi Diri, Regulasi Diri, Prestasi Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up