JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX C MTS MUHAMMADIYAH AL-HAQ PALU PADA MATERI TABUNG DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA |
Nama: VINDA PRATAMA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penggunaan alat peraga dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IXC MTs Muhammadiyah Al-Haq Palu pada materi tabung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindak kelas (PTK) dengan pendekatan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga dapat memperbaiki pendidikan melalui perubahan yang dilakukan guru dengan melihat proses pembelajaran dikelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi luas permukaan dan volume tabung. Pada siklus I, rata-rata nilai siswa mencapai 77,1 dengan persentase ketuntasan 62,5%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85 dengan ketuntasan 82,3%. Dengan demikian, penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tabung. Kata Kunci: Penelitian tindak kelas, hasil belajar, alat peraga, tabung |