Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kasimbar Pada Materi Persamaan Kudrat Ditinjau Dari Gaya Belajar
Nama: FARIDA
Tahun: 2025
Abstrak
Farida, 2025. ”Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kasimbar pada Materi Persamaan Kuadrat Ditinjau dari Gaya Belajar. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rahma Nasir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kasimbar pada materi persamaan kuadrat berdasarkan gaya belajar mereka, yaitu visual, auditorial, dan kinestetik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan wawancara. Subjek penelitian ini terdiri dari enam siswa yang dipilih berdasarkan gaya belajar dominan mereka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual (PdaV) mampu mengomunikasikan konsep persamaan kuadrat melalui lisan dan tulisan. Siswa gaya belajar visual cenderung mengomunikasikan secara terstruktur dan sistematis. Siswa dengan gaya belajar auditorial (PmaA) lebih mampu dalam mengomunikasikan konsep persamaan kuadrat secara lisan, tetapi kurang mampu dalam komunikasi tulis. Siswa dengan gaya belajar auditorial mengalami kesulitan mengomunikasikan secara terstruktur dan sistematis. Sementara siswa dengan gaya belajar kinestetik (PaK) Subjek mampu mengkomunikasikan konsep persamaan kuadrat, tetapi kesulitan dalam mengubah soal cerita ke dalam bentuk persamaan kuadrat, baik secara lisan maupun tulisan. Subjek gaya belajar kinestetik cenderung menyajikan informasi secara tidak sistematis. Kata kunci: kemampuan komunikasi, gaya belajar, persamaan kuadrat.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up