Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulProfil Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMA Negeri 2 Sigi Dalam Menyelesaikan Soal Jarak Antara Titik Dan Bidang Pada Kubus
Nama: ZAHNIAR R. LAMURANTE
Tahun: 2025
Abstrak
Zahniar R. Lamurante, 2025. “Profil Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMA Negeri 2 Sigi Dalam Menyelesaikan Soal Jarak Antara Titik dan Bidang pada Kubus”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Tegoeh S Karniman. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi atau gambaran mengenai kemampuan penalaran siswa SMA Negeri 2 Sigi dalam menyelesaikan soal jarak antara titik dan bidang pada kubus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu tiga orang siswa kelas XII MIPA 3 SMA Negeri 2 Sigi semester ganjil 2024/2025 yang terdiri dari satu siswa berkemampuan matematika tinggi, satu siswa berkemampuan matematika sedang, dan satu siswa berkemampuan matematika rendah. Subjek dipilih berdasarkan nilai akhir semester dan rekomendasi dari guru mata pelajaran. Data kemampuan penalaran siswa diperoleh dari hasil tes tertulis dan wawancara. Pemeriksaan kualitas hasil penelitian menggunakan kredibilitas data yang dilakukan dengan membercheck. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) subjek berkemampuan matematika tinggi (BZAP) memenuhui tiga indikator kemampuan penalaran matematika yaitu mengajukan dugaan, manipulasi matematika, dan menarik kesimpulan (2) subjek berkemampuan matematika sedang (YJFS) memenuhui dua indikator kemampuan penalaran matematika yaitu mengajukan dugaan dan menarik kesimpulan, (3) subjek berkemampuan matematika rendah (GV) memenuhui satu indikator kemampuan penalaran matematika yaitu mengajukan dugaan. Kata Kunci: Profil, Kemampuan Penalaran Matematika, Jarak Titik dan Bidang, Kubus

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up