JudulProfil Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Sistem Pertidaksamaan Linear Kelas X SMA Katolik Santo Andreas Palu |
Nama: PRISCILLA YUNI MASSORA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Priscilla Yuni Massora, 2025. “Profil Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Sistem Pertidaksamaan Linear Kelas X SMA Katolik Santo Andreas Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Tegoeh S Karniman. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi mengenai kemampuan representasi matematis siswa dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah pada materi sistem pertidaksamaan linear kelas X SMA Katolik Santo Andreas Palu. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang siswa kelas X SMA Katolik Santo Andreas Palu yang terdiri dari satu orang siswa dengan kemampuan matematika tinggi, satu orang siswa dengan kemampuan matematika sedang, dan satu orang siswa dengan kemampuan matematika rendah. Data ini dikumpulkan melalui tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Profil kemampuan representasi matematis siswa subjek kemampuan matematika tinggi mampu menyajikan kembali data atau informasi ke dalam bentuk tabel atau grafik, mampu membuat persamaan atau model matematika dari representasi lain yang diberikan, dan mampu menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah matematika dengan kata-kata. (2) Profil kemampuan representasi matematis siswa subjek kemampuan matematika sedang belum mampu menyajikan kembali data atau informasi ke dalam bentuk tabel atau grafik, mampu membuat persamaan atau model matematika dari representasi lain yang diberikan, dan mampu menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah matematika dengan kata-kata. (3) Profil kemampuan representasi matematis siswa subjek kemampuan matematika rendah belum mampu menyajikan kembali data atau informasi ke dalam bentuk tabel atau grafik, belum mampu membuat persamaan atau model matematika dari representasi lain yang diberikan, dan belum mampu menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah matematika dengan kata-kata. Kata kunci: Profil, kemampuan representasi matematis, kemampuan matematika |