Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMPK BK PALU DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
Nama: ARYANTO
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel. Indikator penalaran matematis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) menganalisis situasi matematika, (2) merencanakan proses penyelesaian, (3) menyelesaikan persoalan secara sistematis, dan (4) menarik kesimpulan secara logis. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa kelas VIII A SMPK BK Palu, yang dipilih berdasarkan hasil angket gaya belajar, yakni satu siswa dengan gaya belajar visual, satu siswa dengan gaya belajar auditorial, dan satu siswa dengan gaya belajar kinestetik. Teknik pengumpulan data meliputi angket gaya belajar, tes tertulis, dan wawancara mendalam. Kredibilitas data dalam penelitian ini menggunakan member check. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) siswa dengan gaya belajar visual memahami informasi dengan baik melalui grafik, tetapi kurang teliti dalam manipulasi numerik dan instruksi verbal, menyebabkan kesalahan perhitungan dan penyusunan model matematika (2) siswa auditorial mampu memahami soal dan merencanakan penyelesaian dengan baik, tetapi kurang teliti dalam perhitungan dan kesulitan mentransfer informasi ke bentuk matematis, mengakibatkan jawaban kurang tepat, (3) siswa kinestetik memahami soal dan merencanakan solusi, tetapi mengalami kesalahan dalam perhitungan karena kesulitan memahami informasi abstrak, kurang teliti, serta sulit fokus dalam waktu lama.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up