Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS MATERI BANGUN RUANG SISWA SMPN 8 PALU DITINJAU DARI LEVEL BERPIKIR VAN HIELE
Nama: MOH. HABIL S. SALEH
Tahun: 2025
Abstrak
MOH. HABIL S. SALEH, 2025. “Analisis Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Materi Bangun Ruang Siswa SMPN 8 Palu Ditinjau Dari Level Berpikir Van Hiele”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Sukayasa, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal HOTS materi geometri ditinjau dari level berpikir Van Hiele. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode analisis proses berpikir kreatif berdasarkan tingkatan level berpikir Van Hiele yang meliputi: level 0 (visualisasi), level 1 (analisis), level 2 (deduksi informal), level 3 (deduksi), dan level 4 (rigor). Subjek penelitian terdiri dari tiga orang siswa yaitu siswa yang berada pada level 0, siswa yang berada pada level 1 dan siswa yang berada pada level 2. Subjek penelitian dipilih berdsarkan hasil tes VHGT. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes VHGT, tes soal HOTS, dan wawancara tidak terstruktur, kemudian dianalisis menggunakan model kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat berpikir kreatif siswa berkaitan dengan level berpikir Van Hiele. Semakin tinggi level berpikir Van Hiele siswa, maka semakin kompleks dan kreatif strategi penyelesaian yang digunakan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up