Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM MATERI KESEBANGUNAN DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING DI KELAS IX SMPN 7 PALU
Nama: NUR ALISAH RUSLI
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari self regulated learning. Materi yang digunakan yaitu materi kesebangunan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di jl. Veteran, Kec. Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah. Subjek pada penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas IX F SMPN 7 Palu. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Angket diberikan kepada siswa kelas IX F dan tes kemampuan koneksi matematis diberikan kepada 3 subjek di kelas IX F SMPN 7 Palu. Setelah data terkumpul, dilakukan analisis data dengan tiga langkah yaitu data condensation (kondensasi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan dan verifikasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek dengan self-regulated learning tinggi tergolong baik, karena memenuhi tiga komponen indikator kemampuan koneksi matematis dalam menyelesaikan masalah pada materi kesebangunan, yakni mampu menggunakan hubungan antar topik matematika, mampu menggunakan hubungan matematika dengan ilmu di luar matematika dan mampu memahami topik pada matematika saling serhubungan dalam kehidupan sehari hari. Kemudian subjek dengan self-regulated learning sedang tergolong cukup karena hanya memenuhi dua komponen indikator kemampuan koneksi matematis. Selanjutnya subjek dengan self-regulated learning rendah termasuk kurang, karena tidak memenuhi tiga komponen indikator kemampuan koneksi matematis. Kata Kunci: Profil, koneksi matematis, self regulated learning, kesebangunan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up