JudulProfil Pemecahan Masalah Persamaan Kuadrat Satu Variabel Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Kelas IX A MTs Al-Khairaat Tondo |
Nama: ALI RAHMATULLAH R.MANGILI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Ali Rahmatullah R.Mangili, 2025. “Profil Pemecahan Masalah pada Materi Persamaan Kuadrat Satu Variabel Berdsarkan Gaya Belajar kelas IX A MTs Al- Khairaat Tondo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Pendidikan, Universotas Tadulako. Pembimbing Muh. Hasbi. Penelitian ini bertujuan unntuk memperoleh deskripsi tentang profil pemecahan masalah persamaan kuadrat satu variabel siswa kelas IX A MTs Al- Khairaat Tondo. Lokasi penelitian di MTs Al-Khairaat Tondo, Jl. Al-Khairaat, Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX A MTs AL-Khairaat Tondo yang bergaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Pengambilan subjek menggunakan lembar kusioner angket gaya belajar yang sudah kredibel. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis yaitu soal persamaan kuadrat satu variabel yang sudah tervalidasi oleh validator. Selanjutnya, dilakukan wawancara kepada subjek setelah menyelesaikan tes tertulis. Hasil penelitian terlihat bahwa Siswa dengan gaya belajar visual cenderung menuliskan informasi dengan teliti untuk mengidentifikasi masalah, merumuskan solusi secara terencana, mengingat solusi melalui gambaran visual, menjelaskan kelebihan dan kekurangan tiap solusi dengan alasan yang jelas, dan memilih solusi terbaik dengan pertimbangan matang. Siswa dengan gaya belajar auditorial mampu mengidentifikasi masalah dengan jelas melalui penjelasan verbal, mengonversi masalah ke bentuk persamaan dengan lengkap, mengingat solusi menggunakan pendengaran, menjelaskan kelebihan dan kekurangan solusi dengan lancar, serta memilih solusi terbaik dengan alasan yang meyakinkan. Siswa dengan gaya belajar kinestetik cenderung mengidentifikasi masalah dengan perlahan, mendefinisikan masalah menggunakan bahasanya sendiri sambil melakukan aktivitas fisik, mengembangkan solusi berdasarkan pengalaman, menguji solusi dengan merujuk pada pengalaman sebelumnya, dan memilih solusi terbaik secara praktis berdasarkan pengalaman tersebut. Kata Kunci: Pemecahan Masalah, John Dewey, Persamaan Kuadrat Satu Variabel, Gaya Belajar. |