JudulPROFIL METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PERBANDINGAN SENILAI SISWA KELAS VII SMPK BALA KESELAMATAN PALU DITINJAU DARI GAYA BELAJAR |
Nama: DELFIANTI SIMPIL |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang profil metakognisi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika perbandingan senilai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa kelas VII A SMPK Bala Keselamatan Palu yang terdiri dari satu orang siswa dengan gaya belajar kinestetik, visual, dan auditorial. Data metakognisi siswa siswa diperoleh dengan angket, tugas tertulis, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Profil metakognisi siswa dengan subjek gaya belajar kinestetik yaitu subjek dapat memahami masalah dengan baik, dapat menyatakan informasi yang diketahui dan ditanyakan pada soal dengan jelas, dapat merancang rencana penyelesaian berdasarkan informasi pada soal, dapat melaksanakan dengan rencana dengan menyelesaikan soal dengan baik serta dapat menyimpulkan hasil jawaban yang diperoleh tetapi tidak dapat melakukan pemeriksaan kembali untuk menyatakan kebenaran yang diperoleh. Subjek dalam menyelesaiakan soal melibatkan keterampilan metakognisi, mulai dari kesadaran, peraturan atau regulasi, dan evaluasi tetapi belum sepenuhnya melibatkan keterampilan metakognisi dalam empat tahapan langkah Polya. (2) Profil metakognisi siswa dengan subjek gaya belajar visual yaitu subjek dapat memahami masalah dengan baik, dapat menyatakan informasi yang diketahui dan ditanyakan pada soal dengan baik, dapat membuat rencana penyelesaian terlebih dahulu, dapat melaksanakan rencana berdasarkan langkah penyelesaian yang dibuat, tetapi tidak dapat menyimpulkan hasil jawaban yang diperoleh, serta tidak dapat melakukan pemeriksaan kembali untuk menyatakan kebenaran jawaban yang diperoleh. Subjek dalam menyelesaikan soal juga melibatkan keterampilan metakognisi tetapi hanya melibatkan kesadaran, peraturan atau regulasi, dan evaluasi belum sepenuhnya melibatkan dalam empat tahapan langkah Polya. (3) Profil metakognisi siswa dengan gaya belajar auditorial yaitu subjek dapat memahami masalah dengan baik, dapat menyatakan informasi yang diketahui dan ditanyakan pada soal dengan jelas dan lengkap, merancang rencana penyelesaian terlebih dahulu sebelum menyelesaikan soal, dapat menyelesaiakan soal dengan baik dan jelas, serta dapat menyimpulkan hasil jawaban yang diperoleh dan dapat melakukan pemeriksaan kembali untuk menyatakan kebenaran jawaban yang diperoleh dengan menggunakan cara lain. Subjek dalam menyelesaikan soal memenuhi dan melibatkan semua indikator metakognisi mulai dari kesadaran, peraturan atau reguluasi, dan evaluasi dalam empat tahapan langkah Polya. Kata kunci: profil, keterampilan metakognisi, gaya belajar |