JudulPROFIL PENYELESAIAN SOAL TURUNAN FUNGSI ALJABAR OLEH SISWA KELAS XII SMA NEGERI 2 SIGI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF |
Nama: CILINT ROSA BEELA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Cilint Rosa Beela, 2025. “Profil Penyelesaian Soal Turunan Fungsi Aljabar Oleh Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Sigi Ditinjau Dari Gaya Kognitif”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. Muh Hasbi, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang profil penyelesaian soal turunan fungsi aljabar oleh siswa kelas XII SMA Negeri 2 Sigi ditinjau dari gaya kognitif field dependent (FD) dan field independent (FI). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Sigi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari satu siswa bergaya kognitif FD dan satu siswa bergaya kognitif FI yang dipilih berdasarkan hasil Test GEFT. Teknik pengumpulan data meliputi tes gaya kognitif, tes tertulis, dan wawancara. Kredibilitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi waktu. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Subjek FD mengidentifikasi informasi dari soal secara lengkap, merumuskan dan menyususun model matematika berdasarkan informasi dari soal dan pemisalan yang dibuat, namun masih mengalami kekeliruan dalam manipulasi aljabar, penulisan tanda operasi hitung, dan sifat distributif. Subjek FD tidak menggunakan strategi yang dipilih dengan langkah, proses penyelesaian, dan perhitungan yang benar karena masih mengalami kekeliruan dalam proses diferensiasi, sehingga titik stasioner dan volume maksimum akuarium belum tepat. Subjek FD menjelaskan hasil penyelesaian secara lisan, namun tidak menuliskan di lembar jawaban, dan tidak melakukan pemeriksaan kembali. (2) Subjek FI mengidentifikasi informasi dari soal secara lengkap, merumuskan dan menyusun model matematika berdasarkan informasi dari soal dan pemisalan yang dibuat disertai alasan pemisalan dilakukan, menyelesaikan dan memperoleh persamaan volume balok dengan benar. Subjek FI menggunakan strategi yang dipilih dengan langkah, proses penyelesaian, dan perhitungan yang benar, meskipun tidak menuliskan tanda operasi pengurangan pada turunan pertama. Subjek FI berhasil menghitung volume maksimum akuarium, meskipun belum dapat membuktikan bahwa titik stasioner yang diperoleh adalah maksimum. Subjek FI menjelaskan hasil penyelesaian secara lisan dan tulisan serta melakukan pemeriksaan kembali. Kata Kunci: Penyelesaian Soal, Turunan Fungsi Aljabar, Gaya Kognitif |