Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PELUANG KELAS VIII SMP NEGERI 3 TOLITOLI DITINJAU DARI JENIS KELAMIN
Nama: DINI NURUL SABILA B.
Tahun: 2025
Abstrak
Dini Nurul Sabila B., 2025. “Profil Metakognisi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Peluang Kelas VIII SMP Negeri 3 Tolitoli Ditinjau Dari Jenis Kelamin”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dr. Pathuddin, S.Pd., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal cerita peluang di kelas VIII SMP Negeri 3 Tolitoli, ditinjau dari jenis kelamin. Aspek metakognisi yang dianalisis meliputi perencanaan, pemantauan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari dua siswa, satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui tes tertulis soal cerita peluang dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa laki-laki lebih menonjol dalam aspek perencanaan dan pemantauan, yaitu mampu merencanakan langkah penyelesaian secara sistematis dan melaksanakan prosedur pengerjaan dengan runtut. Sementara itu, siswa perempuan menunjukkan penguasaan pada ketiga aspek metakognisi: perencanaan, pemantauan, dan evaluasi. Siswa perempuan tidak hanya mampu merencanakan dan memantau langkah-langkah penyelesaian, tetapi juga mengecek kembali jawaban yang diperoleh dan menuliskan kesimpulan dengan jelas. Temuan ini menegaskan pentingnya penerapan pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan metakognisi siswa, dengan memperhatikan perbedaan karakteristik antara siswa laki-laki dan perempuan. Kata kunci: metakognisi, soal cerita peluang, jenis kelamin.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up