Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL REPRESENTASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERBASIS HOTS KELAS VIII SMPN 3 TOLITOLI DITINJAU DARI JENIS KELAMIN
Nama: TRI NUR KHASANAH
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi profil representasi siswa dalam menyelesaikan soal berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi peluang di kelas VIII SMPN 3 Tolitoli ditinjau dari jenis kelamin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah dua siswa dengan kemampuan matematika tinggi, masing- masing satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan. Data dikumpulkan dengan metode tes berbasis HOTS dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek laki-laki (GJA) cenderung lebih unggul dalam representasi visual dan simbolik. Subjek mampu menyajikan informasi dalam bentuk diagram yang relevan dan menjelaskan relasi antarhimpunan secara logis. Selain itu, subjek laki-laki juga dapat menggunakan simbol matematika dengan baik untuk menyelesaikan permasalahan, termasuk menuliskan kesimpulan akhir yang sesuai. Sebaliknya, subjek perempuan (GRR) lebih dominan pada representasi verbal. Subjek dapat menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan secara lengkap dan runtut, serta menjelaskan langkah-langkah penyelesaian masalah secara detail dalam bentuk teks. Namun, subjek perempuan kurang menunjukkan keunggulan pada representasi simbolik, terutama dalam penulisan ekspresi matematis. Penelitian ini menegaskan pentingnya pendekatan pembelajaran berbasis representasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan memperhatikan karakteristik dan keunggulan masing-masing jenis kelamin.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up