Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulProfil Penyelesaian Soal Turunan Fungsi Aljabar Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas XI SMAN 5 Palu
Nama: SALMA
Tahun: 2025
Abstrak
Salma, 2025. “Profil penyelesaian soal turunan fungsi aljabar ditinjau dari gaya belajar siswa kelas XI SMAN 5 Palu”. Program Studi pendidikan matematika FKIP Universitas Tadulako, Pembimbing Fajriani S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh profil penyelesaian soal turunan fungsi aljabar ditinjau dari gaya belajar siswa kelas XI SMAN 5 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian tiga orang siswa kelas XI SMAN 5 Palu yaitu satu siswa dengan gaya belajar visual, satu siswa dengan gaya belajar auditorial, dan satu siswa dengan gaya belajar kinestetik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket gaya belajar, lembar tes, dan wawancara. Uji keabsahan data menggunakan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual cenderung menulis informasi dengan teliti untuk memahami masalah, mampu menyusun strategi untuk menyelesaikan soal, serta mampu menyelesaikan soal berdasarkan strategi yang telah disusun sebelumnya. Siswa dengan gaya belajar auditorial mampu memahami soal dengan jelas melalui penjelasan pada wawancara dengan lengkap, mampu menyusun rencana untuk menyelesaikan soal, serta mampu menyelesaikan soal tersebut berdasarkan rencana yang telah disusun sebelumnya. Siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu memahami soal dengan baik sambil melakukan aktifitas fisik, mampu membuat rencana untuk menyelesaikan soal berdasarkan pengalaman sebelumnya dan mampu menyelesaikan soal berdasarkan rencana yang telah disusun sebelumnya. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa gaya belajar siswa berpengaruh terhadap kemampuan penyelesaian soal pada materi turunan fungsi aljabar, dengan masing-masing gaya belajar memiliki kelebihan dan tantangan tersendiri dalam setiap tahap pemecahan masalah. Kata kunci: Profil, penyelesaian soal, Polya, turunan fungsi aljabar, gaya belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up