JudulPROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 PALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL |
Nama: AULIA NURUL ILMI SAKKIR |
Tahun: 2025 |
Abstrak Pembelajaran di abad-21 saat ini siswa dituntut harus memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS) satu diantara indikatornya yaitu kemampuan berpikir kritis. Guna membantu siswa untuk mengasah kemampuan berpikir kritis dalam sebuah pembelajaran, khususnya dalam pelajaran matematika dapat menggunakan jenis soal berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX SMP Negeri 4 Palu dalam menyelesaiakan soal berbasis HOTS materi SPLDV dengan merujuk enam kriteria berpikir kritis yaitu Focus, Reason, Inference, Situation, Clarty, dan Overview (FRISCO). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang siswa kelas IX Hasanuddin SMP Negeri 4 Palu pada semester genap tahun ajaran 2024/2025 yang terdiri dari satu orang siswa dengan kemampuan matematika tinggi, satu orang siswa dengan kemampuan matematika sedang dan satu orang siswa dengan kemampuan matematika rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemberian tes dan wawancara. Soal yang digunakan dalam tes berupa soal essay berbasis HOTS dengan materi SPLDV berjumlah 2 nomor. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa subjek dengan kemampuan matematika tinggi dapat memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis, yaitu mencakup kriteria Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity¸dan Overview. Siswa dengan kemampuan matematika sedang dapat memenuhi sebagian indikator kemampuan berpikir kritis yaitu mencakup kriteria Focus, Reason, Inference, dan Situation. subjek dengan kemampuan matematika sedang kurang teliti dalam menegecek kembali hasil pengerjaanya sehingga jawaban akhir kurang tepat. Siswa dengan kemampuan matematika rendah hanya dapat memenuhi satu indikator kemampuan berpikir kritis, yaitu mencakup kriteria Focus, siswa dengan kemampuan matematika rendah dapat memahami permasalahan yang terdapat pada soal dan dapat menuliskan dan menjelaskan kembali informasi-informasi yang diketahui dan ditanyakan dalam soal namun tidak bisa mengerjakan soal tersebut. Kata Kunci : Berpikir Kritis, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, HOTS. |