JudulPengaruh Kecerdasan Logis Matematis Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII MIPA MAN 1 Kota Palu |
Nama: SALWA SAFITRI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Salwa Safitri, 2025. “Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII MIPA MAN 1 Kota Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. FKIP Universitas Tadulako, Pembimbing Bakri M. Hasil belajar merupakan indikator utama tercapainya tujuan pembelajaran, sehingga menjadi perhatian penting bagi guru. Namun, berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru matematika di MAN 1 Kota Palu, diketahui bahwa rata-rata nilai ulangan harian siswa masih berada di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan, yaitu 75. Rendahnya hasil belajar ini diduga dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya kecerdasan logis matematis dan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII MIPA MAN 1 Kota Palu; (2) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII MIPA MAN 1 Kota Palu; (3) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan kecerdasan logis matematis dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII MIPA MAN 1 Kota Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA MAN 1 Kota Palu Tahun Pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 110 siswa. Sampel penelitian berjumlah 50 siswa yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kecerdasan logis matematis, angket motivasi belajar dan tes hasil belajar matematika. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial, meliputi uji asumsi klasik (uji normalitas, uji linearitas, uji multikolonieritas, dan uji heteroskedastisitas), analisis regresi linier sederhana dan berganda, uji statistik t dan F, serta uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII MIPA MAN 1 Kota Palu. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung (4,234) > t tabel (2,011) pada taraf signifikansi 5?n nilai signifikansi (0,000) < 0> t tabel (2,011) pada taraf signifikansi 5?n nilai signifikansi (0,018) < 0> F tabel (3,20) pada taraf signifikansi 5?n nilai signifikansi (0,000) < 0,05. Kontribusi pengaruh sebesar 36,5%. Temuan ini menunjukkan bahwa kecerdasan logis matematis maupun motivasi belajar berperan penting dalam peningkatan hasil belajar matematika siswa. Disarankan agar guru mengembangkan pembelajaran yang dapat melatih kemampuan kecerdasan logis matematis siswa dan dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa. Kata kunci: Kecerdasan Logis Matematis, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Matematika. |