JudulPengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Alkhairaat 2 Palu |
Nama: MAQFIROH HURUL AINI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Alkhairaat 2 Palu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Alkhairaat 2 Palu yang berjumlah 66 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Alkhairaat 2 Palu, peneliti menarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Alkhairaat 2 Palu. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan Mann-Whitney U dengan nilai probabilitas (????????????????????. ????????????) = 0.001 yang berarti ???? ? ? (0.05) maka ????0 ditolak, yang berarti terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Alkhairaat 2 Palu. |