Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Alkhairaat 2 Palu
Nama: MAQFIROH HURUL AINI
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Alkhairaat 2 Palu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Alkhairaat 2 Palu yang berjumlah 66 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Alkhairaat 2 Palu, peneliti menarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Alkhairaat 2 Palu. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan Mann-Whitney U dengan nilai probabilitas (????????????????????. ????????????) = 0.001 yang berarti ???? ? ? (0.05) maka ????0 ditolak, yang berarti terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Alkhairaat 2 Palu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up