JudulPengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 12 Palu |
Nama: DINDA USIN ANGGREANI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII SMPN 12 Palu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII tahun ajaran 2024//2025 di SMPN 12 Palu yang berjumlah 55 orang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kemampuan representasi matematasi siswa kelas VIII SMPN 12 Palu, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII SMPN 12 Palu. Hal ini ditunjukan dengan perhitungan Mann-Whitney dengan nilai probabilitas (Asymp. Sig) = 0,033 yang berarti p<? (0,05) maka H_0 ditolak, yang berarti terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII SMPN 12 Palu. |