JudulAnalisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Bentuk Aljabar Berdasarkan Prosedur Newman Di Kelas VIII SMP Negeri Model Terpadu Madani |
Nama: SANDY SAPUTRA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita bentuk aljabar berdasarkan prosedur Newman kelas VIII SMP Negeri Terpadu Madani. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan analisis kesalahan berdasarkan prosedur Newman (Newman’s Error Analysis). Subjek penelitian ini adalah tiga orang siswa yang masing-masing memiliki kemampuan matematika tinggi (ST), kemampuan maatematika sedang (SS), dan kemampuan mateamtika rendah (SR) yang dipilih dari 31 siswa kelas VIII W.R Supratman berdasarkan nilai rapor pelajaran matematika kelas VII semester Ganjil 2023/2024. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: siswa dengan kemampuan matematika tinggi (ST) cenderung melakukan kesalahan pada tahap membaca (reading) dengan tidak membaca soal secara lengkap, khususnya simbol “Rupiah,” dan pada tahap penulisan/notasi (encoding) dengan tidak menuliskan kesimpulan dan simbol “Rupiah”. Siswa dengan kemampuan matematika sedang (SS) melakukan kesalahan pada tahap memahami (comprehention) dengan tidak menuliskan dan menyebutkan informasi soal secara lengkap, tahap trasformasi (transformation) dengan membuat model matematika yang salah, dan tahap penulisan/notasi (encoding) dengan tidak menuliskan simbol “Rupiah”. Siswa dengan kemampuan matematika rendah (SR) melakukan kesalahan pada hampir semua tahapan: membaca (reading) dengan tidak menyebutkan simbol Rupiah dan tidak membaca soal lengkap, memahami (comprehention) dengan tidak menuliskan dan menyebutkan informasi soal dengan lengkap, transformasi (transformation) dengan membuat model matematika yang tidak tepat, keterampilan proses (process skill) dengan kesalahan perhitungan, dan penulisan/notasi (encoding) dengan tidak menuliskan simbol Rupiah dan kesimpulan yang benar. |