Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN NILAI MUTLAK DI KELAS X MA ALKHAIRAAT SINIU
Nama: FEBRIANSYAH
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal persamaan nilai mutlak di kelas X MA Alkhairaat Siniu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang siswa yang masing-masing memiliki kemampuan matematika tinggi (ST), kemampuan matematika sedang (SS), dan kemampuan matematika rendah (SR) yang dipilih dari 18 orang siswa kelas X berdasarkan nilai ulangan harian mata pelajaran matematika semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar soal tes berpikir kritis yang memuat materi persamaan nilai mutlak dan juga pedoman wawancara. Masing-masing subjek diberikan soal tes tertulis, kemudian diwawancara dan dilakukan uji kredibilitas data menggunakan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) siswa berkemampuan matematika tinggi (ST) memenuhi 3 indikator berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis, dan inferensi, (2) siswa berkemampuan matematika sedang (SS) memenuhi 2 indikator berpikir kritis yaitu interpretasi dan analisis, (3) siswa berkemampuan matematika rendah (SR) hanya memenuhi 1 indikator berpikir kritis yaitu analisis.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up