JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIIA SMPN 3 SIGI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL |
Nama: RAFIA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMPN 3 Sigi Kelas VIII A pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A SMPN 3 Sigi. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar observasi, soal tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII A SMPN 3 Sigi, dengan mengikuti langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament yaitu: (1) presentasi kelas, (2) pembelajaran dalam kelompok, (3) permainan, (4) turnamen, dan (5) rekognisi tim. Hasil tes akhir tindakan menunjukkan bahwa pada siklus I terlihat siswa masih kesulitan dalam menyelesaikan soal yang diberikan sehingga ada beberapa siswa yang tidak dapat menyelesaikan soal dan ada siswa yang masih kesulitan dalam menyelesaikan soal dengan metode subsitusi. Sedangkan pada siklus II siswa sudah lebih memahami carapenyelesaian subsitusi dan penyelesaian campuran. Berdasarkan presentase Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) pada siklus I menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal dengan penyelesaian subsitusi. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang tuntas yaitu dari 20 siswa yang mengikuti ulangan akhir hanya 9 siswa yang memperoleh nilai tuntas atau memperoleh nilai yang mencapai KKM yaitu 75 sehingga presentase pada siklus I hanya mencapai 55%. Sedangkan pada siklus II menunjukkan dari 20 siswa yang mengikuti ulangan akhir sebanyak 17 siswa memperoleh nilai tuntas atau mencapai KKM yaitu 75 sehingga presentase hasil pada siklus II mencapai 85%. Selain itu hasil observasi aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklusnya. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMPN 3 Sigi. |