JudulAnalisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel Kelas VIII SMP Negeri 5 Palu Berdasarkan Teori Newman |
Nama: DWI PERMATASARI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Dwi Permatasari, 2024. “Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel Kelas VIII SMP Negeri 5 Palu Berdasarkan Teori Newman” Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Gandung Sugita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Palu, dengan menggunakan teori Newman. Teori Newman terdiri dari lima tahapan yang meliputi kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir atau notasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data melalui tes tertulis dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa berdasarkan tingkat kemampuam matematika yaitu kemampuan matematika tinggi, kemampuan matematika sedang, dan kemampuan matematika rendah yang dilihat dari nilai rapor mata pelajaran matematika kelas VII semester genap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi melakukan kesalahan membaca, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir atau notasi. Adapun siswa dengan kemampuan matematika sedang melakukan kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir atau notasi. Begitu pula siswa dengan kemampuan matematika rendah melakukan kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir atau notasi. Kesalahan yang sering terjadi pada tahap kesalahan membaca yaitu keliru membaca simbol yang ada pada soal, kesalahan transformasi yaitu mengubah soal ke dalam bentuk matematika, kesalahan keterampilan proses yaitu keliru dalam operasi hitung, dan kesalahan penulisan jawaban akhir atau notasi. Kata kunci: Analisis kesalahan, teori Newman, persamaan linear satu variabel, soal cerita . |