Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Kemampuan Numerasi Dan Self-efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Palu
Nama: ANGGIS PUTRI SUNDANI
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematikasiswa yang diduga dipengaruhi oleh kemampuan numerasi dan self-efficacy.Banyaksiswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan soal matematika,kurang percaya diri dalam proses pembelajaran, serta belum mampu menerapkankonsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penelitian inibertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan numerasi dan self-efficacyterhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Palu.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMIP Negeri 12 Palu sebanyak55 siswa, dan sampel penelitian berjumlah 48 siswa yang dipilih secara randommenggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan terdiridari tes untuk mengukur kemampuan numerasi dan angket untuk mengukur self-efficacy,serta nilai Ujian Tengah Semester (UTS) untuk mengukur hasil belajarmatematika. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana danberganda dengan bantuan program SPSS versi 25.Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikanantara kemampuan numerasi terhadap hasil belajar matematika siswa; (2) terdapatpengaruh yang signifikan antara self-efficacy terhadap hasil belajar matematikasiswa; dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan numerasi danself-efficacy secara simultan terhadap hasil belajar matematika siswa. Dengandemikian,peningkatan kemampuan numerasi dan self-efficacy siswa dapat menjadistrategi efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Kata Kunci: Kemampuan Numerasi, Self-Efficacy,Hasil Belajar,Matematika

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up