JudulPROFIL KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SIGI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ALJABAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA |
Nama: MARIFA |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Marifa, 2025. “Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sigi dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Ditinjau dari Kemampuan Matematika”. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Rahma Nasir. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sigi dalam menyelesaikan masalah aljabar ditinjau dari kemampuan matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yang dipilih adalah tiga orang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sigi yaitu 1 siswa berkemampuan matematika tinggi, 1 siswa berkemampuan matematika sedang, dan 1 siswa berkemampuan matematika rendah. Subjek dipilih berdasarkan nilai ulangan harian, rekomendasi guru matematika dan memiliki komunikasi yang baik. Data diperoleh dari hasil tes tertulis dan wawancara dengan subjek. Uji kredibilitas data dilakukan dengan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan literasi matematika siswa yang berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah aljabar, yakni mampu menyederhanakan situasi nyata dengan mengartikan masalah sesuai pemahaman secara tepat, menggunakan konsep operasi bentuk aljabar, prosedur, dan penalaran matematika untuk menyelesaikan masalah, serta mampu menafsirkan hasil penyelesaian ke permasalahan awal. (2) kemampuan literasi matematika siswa yang berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah aljabar, yakni mampu menyederhanakan situasi nyata dengan mengartikan masalah sesuai pemahaman secara tepat, serta mampu menyebutkan hasil akhir namun belum mampu menjelaskan alasan dari hasil tersebut. (3) kemampuan literasi matematika siswa yang berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah aljabar, yakni mampu mampu menyederhanakan situasi nyata dengan mengartikan masalah sesuai pemahaman secara tepat. Kata kunci : Literasi Matematika, Bentuk Aljabar, Kemampuan Matematika |