JudulProfil Pemecahan Masalah Materi Pecahan Siswa Kelas VIII SMPN Model Terpadu Madani Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ) |
Nama: SRI DEVIANA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah materi pecahan siswa kelas VIII SMPN Model Terpadu Madani ditinjau dari adversity quotient. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 orang siswa yang diambil dari 33 siswa kelas VIII SMPN Model Terpadu Madani pada semester ganjil 2024/2025. Subjek dipilih berdasarkan hasil Angket ARP dan rekomendasi guru matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Profil pemecahan masalah siswa kategori climber dapat memahami masalah dengan menentukan apa yang tidak diketahui dan apa saja datanya. Namun, kurang lengkap dalam menentukan data yang diketahui dari soal, merancang rencana penyelesaian menggunakan informasi yang ada dan pengetahuannya mengenai pecahan, melaksanakan rencana sesuai yang dibuat sejak awal sehingga menjawab dengan tepat dan memeriksa kembali jawabannya dan memastikannya menggunakan cara lain. (2) Profil pemecahan masalah siswa kategori camper dapat memahami masalah dengan menentukan apa yang tidak diketahui dan menentukan apa saja datanya, merancang rencana penyelesaian menggunakan informasi yang ada dan pengetahuannya mengenai pecahan, melaksanakan rencana sesuai yang dibuat sejak awal sehingga menjawab dengan tepat, dan tidak memeriksa kembali jawaban yang diperoleh dan tidak juga menggunakan cara lain untuk memastikan jawabannya. (3) Profil Pemecahan masalah siswa kategori quitter dapat memahami masalah dengan menentukan apa yang tidak diketahui dan apa saja datanya. Namun, kurang lengkap dalam menentukan apa saja data yang diketahui dari soal, merancang rencana penyelesaian menggunakan informasi yang ada dan pengetahuannya mengenai pecahan, tidak dapat melaksanakan rencana sesuai yang dibuat sejak awal yang mengakibatkan hasil perhitungannya kurang tepat, dan tidak memeriksa kembali jawaban yang diperoleh. |