Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulREPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN MODEL TERPADU MADANI DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERBANDINGAN SENILAI DITINJAU DARI JENIS KELAMIN
Nama: MARTINA
Tahun: 2025
Abstrak
Martina, 2024. “Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN Model Terpadu Madani dalam Menyelesaikan Soal Cerita Perbandingan Senilai ditinjau dari Jenis Kelamin”. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Alfisyahra. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang representasi matematis siswa kelas VIII SMPN Model Terpadu Madani dalam menyelesaikan soal cerita perbandingan senilai ditinjau dari jenis kelamin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang dipilih adalah 2 orang siswa SMPN Model Terpadu Madani yaitu 1 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain tes tertulis, dan pedoman wawancara. Pemeriksaan kualitas hasil penelitian menggunakan kredibilitas data dilakukan dengan membercheck. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian menunjukkan siswa laki-laki dan perempuan menggunakan indikator representasi matematis yaitu representasi verbal, representasi simbolik, dan representasi visual ketika menyelesaikan soal cerita perbandingan senilai. Representasi verbal siswa laki- laki dan perempuan sudah dapat menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah matematika sesuai indikator. Representasi simbolik yang digunakan siswa laki-laki dan perempuan yaitu dapat menuliskan persamaan, model matematika, operasi matematika serta menyelesaikan masalah dengan melibatkan eksprsi matematis. Siswa laki-laki dan perempuan pada umumnya sudah menggunakan representasi visual, namun terdapat perbedaan antara siswa laki-laki dan perempuan. Siswa laki-laki hanya menggunakan gambar untuk memperjelas sedangkan siswa perempuan menggunakan gambar dan tabel untuk memperjelas dan mempermudah penyelesaian masalah. Kata kunci : Representasi Matematis, Perbandingan Senilai, Jenis Kelamin

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up