Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulCommognitive Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Luas Permukaan Limas Segi Empat Ditinjau Dari Gaya Kognitif
Nama: ING DIAR MASWAL NINGRUM
Tahun: 2025
Abstrak
Ing Diar Maswal Ningrum, 2025. “ Commognitive Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Luas Permukaan Limas Segi Empat Ditinjau Dari Gaya Kognitif”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rita Lefrida. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui commognitive siswa dalam menyelesaikan soal cerita luas permukaan limas segi empat ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII A SMP Negeri 1 Sigi. Subjek penelitian sebanyak dua siswa yang terdiri dari satu siswa bergaya kognitif field independent dan satu siswa bergaya kognitif field dependent. Kedua subjek berjenis kelamin laki-laki. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan pemberian lembar tes gaya kognitif GEFT yang sudah kredibel, lembar tugas mengenai soal cerita luas permukaan limas segi empat yang sudah tervalidasi oleh validator. Selanjutnya dilakukan juga wawancara yang sejalan atau bersamaan saat subjek menyelesaikan tugas tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian, siswa yang memiliki gaya kognitif field independent dapat mengerjakan tugas dengan rinci, jelas, efisien, dan tepat. Selain itu keempat aspek commognitive juga muncul dalam menyelesaikan soal. Sedangkan, siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent dapat mengerjakan tugas dengan jelas, efisien, dan tepat namun kurang detail dan teliti. Serta keempat aspek commognitive juga ada.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up