Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulCommognitive Siswa Kelas XI SMAN 5 Palu Dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Ditinjau Dari Gaya Belajar
Nama: ROLANZA
Tahun: 2025
Abstrak
Rolanza, 2024. “Commognitive Siswa Kelas XI SMA 5 Palu dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Ditinjau Dari Gaya Belajar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Rita Lefrida, S.Pd., M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui commognitive siswa dalam menyelesaikan soal program linear ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI MIPA 4 SMAN 5 Palu. Subjek penelitian sebanyak tiga orang siswa yang terdiri dari satu siswa dengan gaya belajar visual, satu siswa dengan gaya belajar auditorial, dan satu siswa dengan gaya belajar kinestetik. Ketiga subjek tersebut berjenis kelamin perempuan. Teknik pengumpulan data adalah dengan pemberian lembar kuesioner angket gaya belajar. Selanjutnya lembar tugas yaitu soal program linear (SBMPTN 2014 Kode 663) yang divalidasi bahasa sehingga sesuai kebutuhan siswa di kota Palu. Selain itu juga dilakukan wawancara bersamaan pada saat subjek menyelesaikan tugas program linear. Berdasarkan hasil penelitian, siswa dengan gaya belajar visual menjawab soal dengan rinci, berulang, efisien, dan tepat, serta subjek memunculkan keempat indikator commognitive. Hasil yang utama terlihat pada proses memvisualisasikan masalah dalam menyelesaikan soal dilakukan subjek dengan jelas. Siswa dengan gaya belajar auditorial dapat menjawab soal dengan baik dan jelas, serta subjek memunculkan keempat indikator commognitive, namun terdapat kesulitan dalam menyelesaikan rutinitas. Yaitu memvisualisasikan soal pada bentuk naratif yang merupakan langkah penting dalam menyelesaikan soal. Siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu menjawab soal dengan baik dan jelas, serta subjek memunculkan keempat indikator commognitive, terlihat juga kebiasaan subjek yang selalu menggunakan penunjuk jari saat menjelaskan penyelesaian soal. Namun keterbatasan terlihat dalam kemampuan naratif, subjek lebih mengandalkan pengalaman fisik daripada penjelasan logis yang mendalam dalam menyelesaikan soal. Kata Kunci: Commognitive, Keywords, Visual Mediator, Narratives, Routines, Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up