JudulPENGEMBANGAN GAME MY TRIP MATH ADVENTURE BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR |
Nama: SAKINAH |
Tahun: 2025 |
Abstrak Sakinah, 2024. “Pengembangan Game My Trip Math Adventure Berbasis Android Untuk Meningkatkan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar”. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Mubarik. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan sebuah game edukasi yang dapat meningkatkan literasi matematika siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D). Hasil penelitian ini adalah sebuah game yang diberi nama my trip math adventure, yang melalui lima tahapan model pengembangan ADDIE yaitu tahap analyze, tahap design, tahap development, tahap implementation dan tahap evaluation. Game my trip math adventure dinilai oleh ahli dan mendapatkan nilai yang sangat baik pada setiap aspek penilaian serta mendapatkan kriteria sangat layak. Selanjutnya, game my trip math adventure diujikan pada 15 siswa kelas V SD Inpres 15 Wara. Hasil penilaian siswa terhadap game my trip math adventure mendapatkan respon sangat positif. Selanjutnya dengan membandingkan hasil pretest dan posttest menunjukkan ada peningkatan skor rata- rata dari 71% (pretest) menjadi 88% (posttest). Hasil uji t sampel berpasangan menunjukkan terjadi peningkatan yang signifikan pada kemampuan literasi matematika melalui game my trip math adventure. Dengan demikian, disimpulkan bahwa penggunaan game my trip math adventure dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika bagi pemainnya. Kata kunci: Game, Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Penelitian dan Pengembangan |