JudulAnalisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Negeri 7 Sigi Pada Materi Bangun Ruang Tabung Ditinjau Dari Kecemasan Matematika |
Nama: SYARIFA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Syarifa, 2024. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Negeri 7 Sigi Pada Materi Bangun Ruang Tabung Ditinjau Dari Kecemasan Matematika” Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Mustamin Idris. Tujuan Penelitian ini untuk memperoleh deskripsi tentang kemampuan pemecahan masalah siswa SMP Negeri 7 Sigi dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun ruang tabung ditinjau dari kecemasan matematika. Kecemasan matematika adalah perasaan cemas atau khawatir yang dirasakan siswa saat menghadapi masalah matematika yang dapat mempengaruhi performa mereka dalam pemecahan masalah. Pemecahan masalah yang dilakukan siswa menggunakan tahapan Polya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan instrumen penelitian berupa angket kecemasan matematika, tes pemecahan masalah, dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa yang memiliki tingkat kecemasan matematika yang berbeda-beda, yaitu kecemasan tinggi, kecemasan sedang, dan kecemasan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat kecemasan rendah cenderung mampu menyelesaikan masalah dengan baik, mengikuti langkah-langkah pemecahan masalah, dan memahami konsep bangun ruang tabung dengan sangat baik. Siswa dengan kecemasan sedang menunjukkan kemampuan yang cukup baik namun sering mengalami kesulitan dalam tahapan melaksanakan rencana yaitu analisis masalah dan perhitungan. Siswa dengan kecemasan tinggi mengalami kesulitan khususnya pada tahapan melaksanakan rencana pemecahan masalah sehingga hasil yang diperoleh tidak tepat. Kecemasan matematika terbukti berpengaruh pada kemampuan pemecahan masalah, di mana semakin tinggi tingkat kecemasan, semakin rendah kemampuan siswa dalam memecahkan masalah menggunakan tahapan Polya pada materi bangun ruang tabung. Penelitian ini menunjukkan pentingnya untuk lebih memperhatikan kecemasan matematika pada siswa melalui pendekatan pembelajaran yang mendukung rasa percaya diri dan keterampilan pemecahan masalah. Dengan demikian, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam matematika, khususnya pada materi bangun ruang tabung Kata kunci: Pemecahan masalah, kecemasan matematika, bangun ruang tabung, tahapan Polya. |