Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH KEMAMPAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMAN 7 PALU
Nama: NUR UNA
Tahun: 2025
Abstrak
Nur Una, 2024. “Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN 7 Palu.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Baharuddin Paloloang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil dialog dengan salah seorang guru matematika SMAN 7 Palu yang menunjukkan komunikasi matematis siswa SMAN 7 Palu masih tergolong cukup rendah. Sedangkan pada minat belajar matematika siswa sudah lumayan meningkat. Satu diantara aspek yang harus dikuasai siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran adalah kemampuan komunikasi matematis. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk: (1) Menunjukkan ada atau tidaknya pengaruh positif yang signifikan kemampuan komunikasi matematis terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMAN 7 Palu (2) Menunjukkan ada atau tidaknya pengaruh positif yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMAN 7 Palu (3) Menunjukkan ada atau tidaknya pengaruh positif yang signifikan kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMAN 7 Palu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 7 Palu pada tahun ajaran tahun 2023/2024 yang berjumlah 357 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan sampel sebanyak 36 siswa. Pengumpulan data diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis materi SPLDV (Sistem Persamaan Linear Dua Variabel), angket minat belajar dan nilai rapor mata pelajaran matematika semester genap tahun ajaran 2023/2024 . Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji analisis regresi linier sederhana dan ganda, uji F dan uji koefisien determinasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal, masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat bersifat linier, tidak terjadi multikolinieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas dan tidak terdapat gejala autokorelasi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5% (1) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan komunikasi matematis terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMAN 7 Palu sebesar 25,9% (2) Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMAN 7 Palu sebesar 27,1% (3) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMAN 7 Palu sebesar 38,0%. Kata Kunci: Kemampuan komunikasi, minat belajar, prestasi belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up