JudulProfil Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 3 Palu Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Lingkaran Ditinjau Dari Gaya Belajar |
Nama: NURAFNI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK NURAFNI, 2024. “Profil Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 3 Palu Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Lingkaran Ditinjau Dari Gaya belajar”, Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Drs. Muh. Hasbi., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang komunikasi matematis siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Palu dalam menyelesaikan soal cerita lingkaran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Palu yang bergaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Data dikumpulkan melalui tugas tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Profil komunikasi matematis subjek visual dalam menyelesaikan soal cerita lingkaran pada indikator I; subjek menuliskan dan mampu menjelaskan informasi yang diketahui dan ditanyakan dengan lengkap, menggunakan simbol-simbol matematika yang diketahui. Pada indikator II; subjek menggambarkan ilustrasi beserta dengan keterangan pada ilustrasi, serta mampu menjelaskan cara dalam menggambar ilustrasi dari soal yang ditanyakan. Pada indikator III; subjek mampu menuliskan rumus yang ia gunakan, menuliskan rumus yang sesuai dengan soal yaitu rumus lingkaran. Kemudian pada langkah-langkah penyelesaian subjek memahami perkalian berpangkat sehingga jawaban yang diperoleh subjek benar. Pada indikator IV; subjek menyimpulkan jawaban yang diperoleh diakhir penyelesaian. Pada indikator V; subjek menyimpulkan hasil yang diperoleh dengan benar. Pada indikator VI; subjek memberikan pendapat yang benar dari hasil penyelesaian soal yang telah dikerjakan. (2) Profil komunikasi matematis subjek auditorial dalam menyelesaikan soal cerita lingkaran pada indikator I; subjek menuliskan dan mampu menjelaskan informasi yang diketahui dan ditanyakan dengan lengkap, menggunakan simbol-simbol matematika dalam menuliskan yang diketahui. Pada indikator II; subjek menggambarkan ilustrasi beserta dengan keterangan pada ilustrasi, serta mampu menjelaskan cara dalam menggambar ilustrasi dari soal ilustrasi yang digambarkan. Pada indikator III; subjek mampu menuliskan dan menjelaskan rumus, rumus yang dituliskan subjek rumus lingkaran, kemudian menyelesaikan langkah-langkah dalam permasalahan soal yang ditanyakan. Pada indikator IV; subjek keliru dalam penjumlahan hasil akhir perkalian dari soal yang ditanyakan, dan tidak menyimpulkan jawaban yang diperoleh di akhir penyelesaian. Pada indikator V; subjek menyimpulkan hasil yang diperoleh dengan benar. Pada indikator VI; subjek memberikan pendapat yang benar dari hasil penyelesaian soal yang telah dikerjakan. (3) Profil komunikasi matematis subjek kinestetik dalam menyelesaikan soal cerita lingkaran pada indikator I; subjek menuliskan dan mampu menjelaskan informasi yang diketahui dan ditanyakan dengan lengkap, walaupun tidak menggunakan simbol-simbol matematika dalam menuliskan yang diketahui. Pada indikator II; subjek menggambarkan ilustrasi beserta dengan keterangan pada ilustrasi, serta mampu menjelaskan cara dalam menggambar ilustrasi dari soal yang ditanyakan. Pada indikator III; subjek dapat menuliskan dan menjelaskan rumus yang ia gunakan dalam menyelesaikan soal. Menuliskan rumus yang sesuai untuk menyelesaikan soal, Menuliskan langkah-langkah yang lengkap dalam menyelesaikan soal. Tetapi pada indikator IV; subjek keliru dalam penjumlahan hasil akhir perkalian dari soal yang ditanyakan. Serta tidak menyimpulkan jawaban yang diperoleh diakhir penyelesaian. Pada indikator V; subjek menyimpulkan tidak dapat menyelesaikan soal dengan benar serta hasil akhir yang diperoleh kurang tepat. Pada indikator VI; subjek memberikan pendapat yang salah dari hasil penyelesaian soal yang telah dikerjakan. Kata Kunci: Komunikasi matematis, soal cerita, lingkaran, gaya belajar, visual, auditorial, kinestetik. |