JudulPROFIL PENYELESAIAN SOAL CERITA GARIS SINGGUNG PERSEKUTUAN LINGKARAN OLEH SISWA KELAS IX E SMPN 5 PALU |
Nama: INDRIYANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penyelesaian soal cerita oleh siswa perlu diprofilkan agar guru dapat mengetahui gambaran atau deskripsi kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh profil penyelesaian soal cerita garis singgung lingkaran oleh siswa kelas IX E SMPN 5 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang berkemampuan matematika tinggi (SH) mampu mengerjakan soal dengan benar sesuai dengan langkah-langkah penyelesaian soal cerita. Kemudian hasil penyelesaian siswa berkemampuan matematika sedang (EZ) menunjukkan bahwa terdapat penyelesaian yang belum selesai sehingga jawaban yang diperoleh salah. Kemudian hasil penyelesaian siswa berkemampuan matematika rendah (FR) menunjukkan bahwa ia tidak mampu mengerjakan soal sebagaimana langkah-langkah penyelesaian soal cerita sehingga jawaban yang diperoleh salah. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menarik kesimpulan bahwa profil penyelesaian soal cerita siswa bervariasi berdasarkan kemampuan matematika siswa. Kata kunci: Profil, Penyelesaian Soal, Garis Singgung Persekutuan Lingkaran |