JudulPROFIL KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 14 PALU DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA |
Nama: SERY LONDONG PADANG |
Tahun: 2024 |
Abstrak Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi dari profil koneksi matematis siswa kelas IX SMP Negeri 14 Palu dalam menyelesaikan masalah pada materi teorema Pythagoras ditinjau dari kemampuan matematika berdasarkan indikator koneksi matematis. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 14 Palu yang terdiri dari satu siswa berkemampuan matematika tinggi, satu siswa berkemampuan matematika sedang dan satu siswa berkemampuan matematika rendah. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa berkemampuan matematika tinggi: (1) dapat mengaitkan antarkonsep matematika yaitu konsep teorema Pythagoras dan aljabar, (2) dapat mengaitkan antar matematika dengan matapelajaran fisika, (3) dapat mengaitkan matematika dengan kehidupan sehari-hari. Siswa berkemampuan matematika sedang: (1) dapat mengaitkan antarkonsep matematika yaitu konsep teorema Pythagoras dan aljabar, (2) dapat mengaitkan antar matematika dengan matapelajaran fisika, (3) dapat mengaitkan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Siswa berkemampuan matematika rendah: (1) tidak dapat mengaitkan antarkonsep matematika, (2) tidak dapat mengaitkan antar matematika dengan disipil ilmu lain, (3) tidak dapat mengaitkan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: Profil, Koneksi Matematis, Teorema Pythagoras |