Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS DI KELAS VIII SMP NEGERI MODEL TERPADU MADANI PALU
Nama: YUNI WULANDARI
Tahun: 2024
Abstrak
Yuni Wulandari, 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koordinat Kartesius di Kelas VIII SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Bakri M. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan adanya pengaruh model pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar siswa pada materi koordinat kartesius di kelas VIII SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperiment dengan desain penelitian Pretest-Posttes Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII Suratin sebagai kelas eksperimen sebanyak 28 orang dan siswa kelas VIII Ki Hajar sebagai kelas kontrol sebanyak 28 orang. Pengujian data hasil penelitian menggunakan analisis statistik uji-t satu pihak dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas, dan homogenitas. Hasil analisis data yang diperoleh pada kelas eksperimen nilai ????1? adalah 81,82 dengan stantar deviasi = 6,71 sedangkan pada kelas kontrol nilai ?????2 adalah 71 dengan standar deviasi = 10,75. Hasil dari pengujian hipotesis diperoleh thitung =17,17, dan ttabel = 1,67 yang berarti thitung > ttabel yaitu 17, 17 > 1,67 dengan taraf signifikan (????=0,05) dan derajat kebebasan = 54. Hasil tersebut menunjukkan bahwa H0 di tolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Active Knowledge Sharing berpengaruh lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung (Direct instruction) terhadap hasil belajar siswa pada materi koordinat kartesius. Kata kunci : Active Knowledge Sharing, Direct Instruction, Belajar, Hasil Belajar, dan Koordinat Kartesius.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up