JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL KELAS X MIPA SMA GKST 1 TENTENA |
Nama: JOICE CELCEA GLORIA MALADJADJI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Joice Celcea Gloria Maladjadji, 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X MIPA SMA GKST 1 Tentena”. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Bakri M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA SMA GKST 1 Tentena. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen yang bertujuan untuk melihat hubungan sebab akibat. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA GKST 1 Tentena sebanyak 92 orang yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 60 siswa pada tahun ajaran 2023/2024, 30 siswa pada kelas eksperimen dan 30 siswa pada kelas kontrol. Hasil analisis data yang telah diperoleh, skor rata-rata siswa pada kelas eksperimen adalah 88,77 dengan standar deviasi 8,199, sementara skor rata-rata siswa pada kelas kontrol adalah 84,47 dengan standar deviasi 7,468. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji independent sampel t-test menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project yang signifikan terhadap hasil belajar siswa SMA GKST 1 Tentena. |