JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 TINOMBO |
Nama: DWIMARNI MUKHAERA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Dwimarni Mukhaera, 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Transformasi Geometri Dikelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tinombo”. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Bakri M. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada materi transformasi geometri di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Tinombo. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi-eksperimen (eksperimen semu). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Posttest-only control group design, yaitu kedua kelompok (kelas eksperimen dan kelas kontrol) hanya diambil hasil tes akhirnya saja (posttest). Kelompok eksperimen adalah kelompok yang diberikan perlakuan CTL sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan pembelajaran langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa XI MIPA SMA Negeri 1 Tinombo sebanyak 114 siswa.. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Teknik Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 28 dan siswa XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 29. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 79,14 dan kelas kontrol yaitu 61,56. Hasil perhitungan data uji normalitas untuk kelas eksperimen diperoleh = 4.761 dan = 7.81472 dan untuk kelas kontrol diperoleh = 3.478 dan = 7.81472 sehingga data berdistribusi normal, nilai uji homogen diperoleh = 1,065 dan = 1,88. Dan untuk nilai hipotesis diperoleh dan Dengan taraf signifikan = 5% = 0,05. Hasil tersebut menunjukan Ho ditolak dan diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa pada materi transformasi geometri |