JudulMeningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX Sudirman Pada Materi Bilangan Berpangkat Dan Bentuk Akar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Di SMPN 14 Palu |
Nama: FATMAWATI MAHARAJA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Fatmawati Maharaja, 2025. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX Sudirman pada Materi Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning di SMP Negeri 14 Palu”. Skripsi.Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Bakri M. S.Pd., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX Sudirman pada materi bilangan berpangkat dan bentuk akar melalui model membelajaran problem based learning di SMP Negeri 14 Palu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IX Sudirman SMP Negeri 14 Palu dengan jumlah 25 siswa, 12 laki-laki dan 13 siswa perempuan. Dipilih 3 orang siswa sebagai informan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan dua kali pertemuan pada tiap siklus yang mengikuti langkah-langkah model Problem Based Learning dalam pembelajaran saintifik. Data penelitian ini dikumpulkan melalui tes, observasi dan wawancara . Hasil penelitian pada siklus I banyaknya siswa yang tuntas yakni 15 siswa dengan presentase ketuntasan 60?n pada siklus II banyak siswa yang tuntas yakni 24 siswa dengan presentase ketuntasan 96%. Hasil observasi aktivitas guru berada pada kategori baik dengan nilai pada siklus I sebesar 85?n mengalami peningkatan pada siklus II yakni 88,7% . hasil observasi aktivitas siswa pada sisklus I yakni 84?n pada siklus II mengalami peningkatan yakni 94%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dalam pembelajaran saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX Sudirman SMP Negeri 14 Palu pada materi bilangan berpangkat dan bentuk akar. |