JudulANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 14 PALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL BILANGAN BERPANGKAT |
Nama: ARDYAH ZAHRA WARDHANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti pada siswa kelas IX SMP Negeri 14 Palu dalam mengerjakan soal latihan yang berkaitan dengan bilangan berpangkat, terdapat beberapa masalah yang ditemukan yaitu 1). Belum semua siswa memahami materi bilangan berpangkat 2). terdapat kesalahan dalam penyelesaian soal yaitu pada bagian perpangkatan. 3). beberapa siswa dapat menyelesaikan soal sampai pada pertengahan, dan 4). tidak ada siswa yang mampu untuk mengerjakan sampai selesai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa kelas IX SMP Negeri 14 Palu dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Adapun pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX Kihajar SMP Negeri 14 Palu yang terdiri dari 37 siswa kemudian diberi tes yang terdiri dari 5 soal tentang materi bilangan berpangkat lalu dipilih masing-masing 1 orang siswa laki-laki dan perempuan yang melakukan kesalahan paling banyak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa laki-laki dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat yaitu: (1) kesalahan konsep, yaitu kesalahan siswa dalam mengartikan bilangan berpangkat. (2) Kesalahan prinsip, siswa tidak mengikuti langkah-langkah yang seharusnya dituliskan dalam menyelesaikan soal. (3) Kesalahan operasi hitung, siswa menuliskan jawaban yang salah dari hasil perkalian. (4) Kesalahan fakta, yaitu siswa melakukan kesalahan penggunaan simbol operasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa perempuan dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat yaitu: (1) kesalahan konsep, yaitu kesalahan siswa dalam mengartikan konsep bilangan berpangkat. (2) Kesalahan prinsip, siswa tidak menuliskan langkah-langkah yang lengkap ketika menyelesaikan soal. (3) Kesalahan operasi hitung, siswa pada saat melakukan pengurangan salah, sehingga berdampak pada hasil akhir. (4) Kesalahan fakta, yaitu siswa melakukan kesalahan penggunaan simbol operasi bilangan. |