JudulProfil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Negeri 14 Palu |
Nama: NURUL HIKMA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Nurul Hikma, 2024. Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Negeri 14 Palu. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Ibnu Hadjar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang profil kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung bentuk aljabar kelas VII SMP Negeri 14 Palu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 3 siswa yang masingmasing 1 siswa yang memiliki kemampuan tinggi, 1 siswa yang memiliki kemampuan sedang, dan 1 siswa yang memiliki kemampuan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Analisis data dilakukan menggunakan 3 tahap yaitu: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek yang berkemampuan tinggi mencapai empat indikator kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung bentuk aljabar, subjek yang berkemampuan sedang mencapai empat indikator kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung bentuk aljabar tetapi tidak semua indikator bisa dijelaskan secara lisan, dan subjek yang berkemampuan rendah mencapai tiga indikator kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung bentuk aljabar serta tidak semua indikator bisa dijelaskan secara lisan. Kata Kunci: Profil, Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa, Soal Cerita, Operasi Hitung Bentuk Aljabar. |