JudulPENERAPAN METODE LATTICE DALAM MENGATASI KESULITAN PESERTA DIDIK UNTUK MENYELESAIKAN OPERASI PERKALIAN BILANGAN BULAT DI SMPN 6 PALU |
Nama: MUHLIS |
Tahun: 2025 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal operasi perkalian bilangan bulat dengan menggunakan metode Lettice di SMPN 6 Palu pada kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriftip dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui tes, Observasi, dan wawancara, Hasil penelitian setelah menggunakan metode Lattice terdapat perbedaan nilai peserta didik pada saat sebelum dan sesudah menggunakan metode Lattice. Sebelum menggunakan metode Lattice nilai rata-rata keseluruhan peserta didik hanya mecapai 62,3 tetapi setelah mennggunakan metode Lattice nilai rata-rata keseluruhan peserta didik memiliki peningkatan menjadi 75,0 hanya saja peningkatan tersebut tidak signnifikan atau tidak semua terjadi pada peserta didik.Berarti dapat dikatakan bahwa hampir keseluruhan peserta didik mengalami hambatan dalam menyelesaikan soal dengan letak kesalahan yang berbeda-beda seperti peserta didik kurang teliti atau menganggap soal itu mudah, peserta didik belum memahami konsep soal, peserta didik belum menguasai operasi perkalian atau belum hafal perkalian dan yang terakhir yaitu kuranganya ketelitian pada peserta didik pada saat mengerjakan soal. Kata Kunci: metode lattice, kesulitan, peserta didik,operasi perkalian. Abstrack This study aims to determine the level of students' ability in solving integer multiplication operations using the Lattice method at SMPN 6 Palu in grade VII. The type of research used in this study is descriptive research with a qualitative approach. The research data was collected through tests, observations, and interviews. The results of the study after using the Lattice method showed a difference in students' scores before and after using the Lattice method. Before using the lattice method, the average score of all students was only 62.3, but after using the lattice method, the average score of all students increased to 75.0. However, the increase was not significant, meaning not all students experienced it. It can be said that almost all students experienced difficulties in solving problems with varying error locations, such as students being less careful or considering the problem easy, students not understanding the concept of the problem, students not mastering multiplication operations or not memorizing multiplication, and finally, the lack of carefulness in students when working on problems. Keywords: lattice method, difficulties, students, integer multiplication operation |