Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII ERWIN SUMAMPOW SMP NEGERI MODEL TERPADU MADANI PALU PADA OPERASI BENTUK ALJABAR
Nama: BELIAN M. TANDRIGAU
Tahun: 2024
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII Erwin Sumampow SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu pada materi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua Siklus, yang setiap Siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dengan materi yang diajarkan yaitu operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar pada Siklus I dan gabungan operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar pada Siklus II. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas VII Erwin Sumampow SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu yang terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 34 siswa, 22 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Data yang dikumpulkan berupa data aktivitas guru dan siswa melalui lembar observasi, hasil wawancara, catatan lapangan, dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan pedekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII Erwin Sumampow SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu pada materi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar khususnya pada fase 3 membantu penyelidikan individu dan Kelompok pada langkah mengkomunikasikan dan menalar. Hal ini dapat dilihat dari kriteria ketuntasan belajar klasikal yang meningkat dari 44% di Siklus I menjadi 88% di Siklus II. Serta kriteria kualitas proses aktivitas siswa dan guru pada Siklus I berkategori baik dan mengalami peningkatan pada Siklus II berkategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan pedekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII Erwin Sumampow SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu pada materi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar dengan mengikuti langkah-langkah model Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik, yaitu (1) orientasi siswa pada masalah operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar dan pengurangan bentuk aljabar melalui tahap mengamati, menanya dan mencoba, (2) mengorganisasikan siswa untuk belajar, (3) membantu penyelidikan individu maupun Kelompok melalui tahap mencoba, mengkomunikasikan, dan menalar, (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya melalui tahap mencoba, mengkomunikasikan, dan menanya dan (5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah melalui tahap mengkomunikasikan, menanya dan menalar. Kata Kunci: Model pembelajaran Problem Based Learning; pendekatan saintifik; hasil belajar; penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up