Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNINGDALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 18 PALUPADA MATERI KESEBANGUNAN SEGITIGA
Nama: DHINI SYAFITRI
Tahun: 2025
Abstrak
Dhini Syafitri, 2024. “Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII E SMP Negeri 18 Palu pada Materi Kesebangunan Segitiga”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing I Nyoman Murdiana. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model Problem Based Learning dalam pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 18 Palu pada materi kesebangunan segitiga. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 18 Palu dengan jumlah 22 orang dan dipilih 3 siswa sebagai informan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan dua kali pertemuan pada tiap siklus yang mengikuti langkah-langkah model Problem Based Learning dalam pembelajaran berdiferensiasi pada fase mengorganisasikan siswa untuk belajar dan fase membimbing penyelidikan secara individual maupun kelompok. Pada fase mengorganisasikan siswa untuk belajar, guru mengelompokkan siswa berdasarkan pemetaan akademik yaitu (1) kelompok kategori 1 (siswa paham utuh), siswa yang memahami materi secara menyeluruh, (2) kategori 2 (siswa paham sebagian), siswa yang memahami sebagian besar materi dan (3) kelompok kategori 3 (siswa belum paham), siswa yang menunjukkan pemahaman materi yang sangat terbatas. Sedangkan pada fase membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, guru membimbing tiap kelompok dengan perlakuan yang berbeda-beda yaitu (1) kelompok kategori 1 (siswa paham utuh), guru memberikan kebebasan untuk mencari informasi secara mandiri karena dianggap telah mampu menyelesaikan permasalahan yang diberikan tanpa bimbingan dari guru. (2) kelompok kategori 2 (siswa paham sebagian), guru memberikan bimbingan tetapi masih memberi ruang bagi siswa untuk menemukan solusi sendiri, dan (3) kelompok kategori 3 (siswa belum paham), guru membimbing langsung untuk mengarahkan siswa dalam mencari informasi. Pada vii siklus I banyaknya siswa yang tuntas yakni 12 siswa dengan persentase ketuntasan 54,5?n pada siklus II banyak siswa yang tuntas yakni 18 siswa dengan persentase ketuntasan 81,8%. Hasil observasi aktivitas guru berada pada kategori baik dengan nilai pada siklus I sebesar 84?n mengalami peningkatan pada siklus II yakni 95%. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yakni 73?n pada siklus II mengalami peningkatan yakni 93%. Pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 68?n mengalami peningkatan pada siklus II yakni sebesar 80,7%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dalam pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 18 Palu pada materi kesebangunan segitiga. Kata kunci: Model, PBL, Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar, Kesebangunan, Segitiga

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up