Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII RADEN SALEH SMP NEGERI MODEL TERPADU MADANI PALU PADA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
Nama: NURUL ESRA APRILIANI
Tahun: 2024
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII Raden Saleh SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 orang, dimana 1 siswa dengan kemampuan matematika tinggi, dan 1 siswa dengan kemampuan matematika rendah. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan tes dan wawancara. Analisis data menggunakan 3 tahapan yaitu, reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan matematika tinggi mampu menyatakan ulang sebuah konsep dan mampu menjelaskan apa itu sistem persamaan linear dua variabel dengan menggunakan bahasa sendiri namun, belum lengkap, siswa berkemampuan matematika tinggi juga mampu mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya, siswa berkemampuan matematika tinggi juga mampu menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu dalam menyelesaikan soal. Siswa berkemampuan matematika rendah berdasarkan indikator pemahaman konsep bahwa subjek juga mampu menyatakan ulang sebuah konsep sistem persamaan linear dua variabel dengan melihat jawaban di internet, siswa berkemampuan matematika rendah belum mampu mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya, siswa berkemampuan matematika rendah juga belum mampu menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu pada pemecahan masalah. Subjek mengalami kesulitan pada saat menyelesaikan soal yang diberikan. Kata kunci : Analisis, Kemampuan pemahaman konsep siswa, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up