JudulAnalisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Program Linier Siswa SMA Negeri 5 Model Palu |
Nama: RINIL FITRI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini merupakan merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan medeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 5 Model Palu Khususnya pada materi program Linier. Subjek pada penelitian adalah siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah yang didapatkan dari hasil nilai rapor yang kemudian diberi tes kemampuan berpikir kritis. Penelitian dilakukan dengan wawancara hasil tes siswa dan melakukan triangulasi waktu. Hasil yang diperoleh menunjukakan bahwa siswa berkemapuan tinggi memenuhi semua indikator interpretasi, Analisis, Evaluasi, dan inferensi, sedangkan berkemampuan sedang hanya satu indikator tidak terpenuhi yaitu inferensi, dan siswa berkemampuan rendah hanya menguasai dua indikator kemampuan berpikir kritis Interpretasi dan analisis. Hal ini menunjukakan bawha hendaknya memerhatikan perbedaan kemampuan yang dimiliki siswa dalam berpikir kritis. Kata Kunci: Analisis Kemampuan Matematika, Berpikir Kritis, Program Linier. |