JudulANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TURUNAN FUNGSI ALJABAR BERDASARKAN TEORI NEWMAN DITINJAU DARI JENIS KELAMIN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MODEL PALU |
Nama: MIRANTI KHAIRANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal turunan fungsi aljabar berdasarkan teori Newman ditinjau dari perbedaan jenis kelamin siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di SMAN 5 Model Palu pada semester ganjil 2023/2024. Terdapat dua subjek dalam penelitian ini yaitu subjek DA (perempuan) dan subjek AM (laki-laki). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa subjek DA dapat membaca soal dengan baik serta dapat menggunakan rumus yang sesuai dalam menyelesaikan soal tersebut, akan tetapi subjek DA tidak mampu untuk menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan pada soal, subjek DA juga tidak menggunakan prosedur penyelesaian yang tepat serta tidak menuliskan kesimpulan pada jawaban akhir yang didapatkannya. Subjek AM dapat membaca soal dengan baik serta dapat memahami informasi yang terdapat pada soal, subjek AM juga mampu mentransformasikan soal dengan baik, akan tetapi subjek AM melakukan kesalahan pada saat menentukan prosedur tes yang sesuai serta melakukan kesalahan pada saat penulisan jawaban. Kata Kunci: Analisis kesalahan, teori newman, turunan fungsi aljabar, jenis kelamin. |