JudulANALISIS KEMAMPUAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 PALU DALAM MEMECAHKAN MASALAH BARISAN ARITMETIKA BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH POLYA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT |
Nama: NOFA HAMZAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi kemampuan siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Palu dalam memecahkan masalah barisan aritmetika berdasarkan langkah-langkah Polya ditinjau dari adversity quotient. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dipilih berdasarkan hasil Adversity Response Profile (ARP) dengan masing-masing satu orang setiap kategori yang dipilih berdasarkan saran dari guru mata pelajaran matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek MN (climber) mampu memahami masalah, membuat rencana penyelesaian masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali. subjek NW (camper) mampu memahami masalah, membuat rencana pemecahan masalah, dan melaksanakan rencana pemecahan masalah, namun tidak mampu melaksanakan pemeriksaan ulang. sedangkan subjek SH (quitter) hanya mampu memahami masalah, dan memecahkan masalah tanpa adanya perencanaan sebelumnya, dan tidak memeriksa kembali hasil yang didapatkan. |