JudulAnalisis Kemampuan Komunukasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Garis Lurus |
Nama: SRIATI FEBRIANI IROT |
Tahun: 2024 |
Abstrak Sriati Febriani Irot, 2024. “Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 19 Palu dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Garis Lurus”. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Drs.Gandung Sugita, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang kemampuam komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal persamaan garis lurus. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dan wawancara. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yaitu deskripsi tentang kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal persamaan garis lurus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 19 Palu yang berjumlah 3 orang siswa berdasarkan tingkat kemampuan matematika. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal persamaan garis lurus adalah 1) kemampuan menulis (written text) ketiga subjek mampu menyatakan kembali informasi yang terdapat pada soal dengan menggunakan bahasa dan pemahamannya sendiri. 2) kemampuan menggambar (drawing) ketiga subjek tidak mampu mencari titik potong pada persamaan garis lurus sebelum mengomunikasikannya dalam bentuk gambar 3) kemampuan ekspresi matematika (expressions mathematics) ST mampu membuat bahasa model matematika menggunakan langkah-langkah yang tepat namun SS dan SR belum bisa membuat bahasa model matematika dengan benar. Kata Kunci : Analisis kemampuan komunikasi matematis, persamaan garis lurus |