JudulProfil Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 5 Model Palu Dalam Menyelesaikan Soal Pembuktian Identitas Trigonometri Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin |
Nama: ELIYANA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 5 Model Palu dalam menyelesaikan soal pembuktian identitas trigonometri ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa laki-laki atau S1 dan siswa perempuan atau S2 kelas XI MIPA 4 SMAN 5 Model Palu yang memiliki kemampuan matematika tinggi. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa S1 dan S2 memenuhi empat indikator berpikir kritis dimulai dari indikator interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Namun terdapat beberapa perbedaan pada aktivitas berpikir diantara keduanya, yaitu S1 yang merupakan siswa laki-laki berkemampuan matematika tinggi memiliki jawaban yang lebih pendek dibanding jawaban S2 yang merupakan siswa perempuan berkemampuan matematika tinggi, S1 menggunakan cara berpikir yang logis dibandingkan S2 yang cenderung cakap dengan kemampuan verbalnya. Hal ini menunjukkan bahwa S1 dan S2 meskipun memiliki kemampuan matematika yang setara, tetapi terdapat beberapa perbedaan di antara keduanya dalam menyelesaikan masalah yang datanya diperoleh dari jawaban tugas tertulis dan hasil wawancara. |